REGENERASI



Halohaaaa...

Beberapa hari belakangan ini aku ngerasa terdorong untuk menulis sesuatu tentang “Regenerasi”. Mungkin salah satu alasannya karena saat ini aku sedang menjadi salah satu Tim Regenerasi Pengurus Persekutuan Kampus di fakultasku. Ini tahun pertama aku menjadi Tim-Reg, tahun pertama mempersiapkan generasi penurus yang akan berpelayanan  di persekutuan kampusku. Kami mulai membentuk Tim-Reg mulai dari awal tahun 2017 dan rencananya pelantikan pengurus baru akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2017. Rentang waktu yang tidak sebentar bukan? Yap! Regenerasi itu gak instan! Persiapannya harus matang, proses mendoakannya cukup memakan waktu hehe.

Apa sih Regenerasi itu? Dalam ilmu biologi, regenerasi adalah menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak/lepas. Sedangkan, untuk pengertian rohaninya regenerasi adalah upaya mempersiapkan generasi berikutnya untuk meneruskan pelayan/persekutuan Kristen sesuai dengan visi dan misi dari Tuhan. Kenapa harus sesuai dengan visi dan misi Tuhan? Karena pelayanan kampus ini adalah milikNya, so kita harus ikut apa mau dia, bukan apa kata pengurus atau kata demisioner atau kata alumni!

Kenapa Regenerasi perlu untuk dilakukan? Regenerasi itu penting banget untuk dilakukan. Contohnya di dalam dunia bulu tangkis. Seorang pemain bulu tangkis akan mempersiapkan generasi penerusnya dengan sungguh-sungguh. Generasi penerus tersebut dilatih untuk menjadi seorang pemain bulu tangkis yang berkualitas. Bayangin kalo gada regenerasi pemain bulu tangkis, ditahun-tahun mendaang kita gak akan bisa denger Indonesia membawa pulang medali All-England, Uber Cup, Thomas Cup dll...! Regenerasi penting untuk menjaga kesinambungan pelayanan dan kualitas pelayanan. Regenerasi yang baik tidak terjadi dengan sendirinya, perlu upaya keras dan tepat, akibat pergantian generasi tanpa upaya regenerasi yang  baik maka yang akan  terjadi adalah gereja akan sekedar menjadi tradisi, persekutuan yang dahulu maju perlahan akan menjadi mundur kemudian mati bahkan ada yang menyimpang dari kebeneran Alkitab. Dan menurut aku yang paling penting dari regenerasi itu adalah DOA. Guys, kita para Tim-Reg sedang Tuhan pakai untuk jadi perantara dalam memilih pelayan Tuhan yang akan Tuhan pakai untuk melayani Dia selama 1 tahun ke depan, gimana kita mau tau keinginan atau isi hati Tuhan kalo kita sendiri ga membawa Regenerasi ini kedalam doa-doa kita?

Contoh Regenerasi di dalam Alkitab:
  ➣Tuhan Yesus Murud-muridNya
 ➣Musa Yosua
  ➣Elia Elisa
  ➣Paulus Timotius

Bilangan 8:23-25 menceritakan bahwa Tuhan mau ada regenerasi di dalam suku Lewi. Pada zaman itu orang yang bekerja pada Kemah Pertemuan dibatasi usianya dari 25 tahun s/d 50 tahun. Pada saat ini, bukan berarti seseorang yang melayani Dia harus dibatasi oleh usia. Tidak ada kata pensiun untuk melayani Dia.pensiun hanya ada dalam struktur organisasi saja. Regenerasi tidak ada hubungannya dengan pensiun. Regenerasi berhubungan dengan sesuatu yang harus dipertahankan untuk tetap ada. Contohnya: pelayanan Elia harus tetap ada, untuk itu perlu Elisa. Seperti itu juga pelayanan kampus harus tetap ada, untuk itu perlu pengurus-pengurus baru. 

Yang menjadi pertanyaan untuk setiap kita yang menjadi Tim-Regenerasi dimanapun kita berada, apakah kita telah sungguh-sungguh mempersiapkan generasi baru, generasi yang takut akan Tuhan? Apakah kita telah sungguh-sungguh berdoa untuk regenerasi ini?


                                                                                                                        GLP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Descriptive Text about Agnes Monica

Makalah Kelompok Sosial