Drama Kehidupan Kampus



Hallooo..
Karena lagi bingung gatau mau ngapain (ketara banget penganggurannya yaak wkwkw), aku jadi kefikiran untuk nulis-nulis sesuatu nih hehe. So, i wanna tell u about my graduation, one of important part in my life~~
2013
Semua dimulai ditahun 2013, dari awal tahun udah prepare banget buat UN dan SNMPTN (sebenernya dari 2012 sih tapi lebih gregetnya di 2013). Mulai pusing mikirin mau pilih jurusan apa dan kuliah dimana. Awalnya pengen banget keluar Lampung tapiiiiiiii sepertinya mamae ga ngijinin. So, alhasil ke UNILA deh. Awalnya juga pengen ambil PGPAUD *serius loh ini* kenapa aku mau ngambil PGPAUD? Karena waktu itu aku mikirnya kalo kita mau ubah suatu generasi, kita harus tanemin ke mereka nilai-nilai kebenaran sedini mungkin. Eitss, ini bukan pencitraan tapi beneran ada dipemikiran aku sebagai anak kelas XII waktu itu, dan alasan lainnya yaa karna aku suka anak kecil hehe. Tapi yaa orangtua dan kelurga besar ga kasih restu untuk ambil itu karna bla bla blaaaa *panjang boook alasannya* so yaa aku mikirnya yaudahlah, orangtua pasti mau yang terbaik kan untuk anaknya? Trus aku konsul ke guru BP di smanda dan dikasih gambaran gitu, dan akhirnya singkat cerita aku pilih Ilmu Administrasi Bisnis, aku bilang ke ortu dan mereka setuju trus daftar SNMPTN, setelah nunggu berbulan-bulan akhirnyaaaaaaa aku keterima Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Bulan september masuk sebagai mahasiswa baru yang masih takut-takut kalo ketemu senior, apalagi kalo sebelum makrab wkwk. Semester demi semester berlalu, sempet  kaget karna tugas kuliah ternyata beda ya dengan PR waktu sekolah, banyak kali puuuunn hahaha... ikut-ikut organisasi itu  ini, cari info beasiswa sana sini, main sama temen, nyobain hal-hal baru daaaaan masih banyak lagi aktivitas di kampus itu.
Januari 2016, KKN di Pangkal Mas Mulya, Mesuji. Waktu liat pengumuman kebagian di Mesuji rasa nya pengen nangis yaa Tuhaaaan, secara Mesuji terkenal daerah rawan konflik. Ga henti-henti nya gua berdoa, minta daerah yang aman, orangnya ga aneh-aneh, trus dapet tempat tinggal yang nyaman. Dan pas nyampe sana, Puji Tuhan bangetttt bapak dan ibu lurahnya baik sama kita-kita dan temen-temen 1 kelompoknya juga baik baik. Cuma jalanannya aja yang ga nahannn, masih tanah merah, kalo abis ujan kita gabisa bawa pake kendaraan jadi yaa harus jalan kaki dengan nyeker untuk sampai ke tujuan, kenapa nyeker karena kalo pake sendal atau sepatu boots percuma mahal bikin kaki berat karena lumpurnya nempel. KKN dilaksanakan selama 60 hari, betah-betah aja sih disana, cuma ada suatu hari dimana gua bener-bener rindu sama kamar kosan gua, rindu kampus,rindu hiruk pikuk  perkotaan wkwkw
Setelah pulang KKN (bulan Maret) pada sibuk ngajuin judul tuh temen-temen gua, tapi gua belom haha alhasil bulan juni barulah gua acc judul. Dan pas pembagian dosbing, gua ditanya dong sama kajur “ini kayaknya susah ya skripsinya, tentang apa ini?” gua “hehe... tentang konservatisme pak, lebih ke akuntansi sih pak”, kajur “kalo gitu, ini mah bu damay yaa”, gua “tapi kan bu damay lagi cuti pak” kajur “apa mau saya aja?” dalem hati gua udah pengen teriak GAKMAUUUUUUUU hahaha tapi gua jawab “jangan deh pak,  kan bapak sibuk tuh akhir-akhir ini, nanti bapak tambah pusing, bu mediya aja pak, soalnya skripsinya bu mediya juga tentang perusahaan pertambangan juga pak” *sambil senyum manjaaa* hahha. Akhirnya sesebapak langsung nulis nama bu mediya. Ooh thanks God....!
Mulailah proses dimana gua berkutat sama yang namanya skripsi, mulai yang begadang-begadang demi ngejer Wisuda Maret. Kenapa maret? Karena dulu pas maba gua udah pasang target, S1 gua harus kelar maksimal 3,5 tahun.
18 November 2016, gua seminar usul. Gua mau share kejadian yang gua alami sebelum seminar proposal. Jadi beberapa hari sebelum hari H, 3 hari kalo ga salah, pas gua lagi belajar nyiapin presentasi, gua dapet kabar kalo rumah gua disita bank. Coba bayangin perasaan gua saat itu! Gua yang sebelumnya memang udah pusing-puyeng-pening dapet kabar begitu. Gak bisa gua rem air mata gua waktu, langsung meluncur deras aja mereka haha yang paling buat gua sedih ternyata kabar itu udah lama tapi orangtua gua membungkusnya dengan rapi sehingga gua gatau, 1 sisi gua kecewa, gua rasa gua udah dewasa so ortu gua harusnya udah bisa cerita ke gua kalo ada masalah dalam keluarga walaupun itu masalah keuangan. Disisi lain, gabisa gua pungkiri gua kagum sama orangtua gua, mungkin orangtua gua gamau gua kepikiran trus jadi ga fokus ngerjain skripsi gua, karena ortu gua tau, gua tipikal orang yang bakal dipikirin banget kalo ada masalah. Setelah banyak drama terjadi sebelum seminar proposal, akhirnya bisa berjalan juga tuh seminar proposal gua, waktu itu cuma sahabat-sahabat “suka-suka” gua yang gua ceritain soal ini, karena gua udah ga kuat nahannya sendiri. *makasih yaa genk, udah mau jadi tempat gua berkeluh kesah, kalian emg d’best daah!* *kecupsatu-satu* ga cuma itu, yang buat gua nangis lagi adalah mereka inisiatif untuk bayarin biaya seminar proposal gua, ya gua taulah uang jajan mereka ga banyak tp mereka mau patungan buat semprop gua *terharuuuuuuuuu* sampe sekarang kalo nginget ini gua masih suka berkaca-kaca hehe. Tuhan memberkati kalian yaaa!
Setelah itu gua langsung revisian, permasalahan yang ada dalam keluarga gua memacu diri gua untuk cepat menyelesaikan perkuliahan gua, yang ada difikiran gua saat itu, kalo saya selesai kuliah seenggaknya beban ortu saya berkurang. Saya bisa cepat cari kerja dan bantu2 ortu.
Akhirnya, bulan januari awal gua seminar hasil. Banyak yang bilang, “iyalah bisa cepet, kan jurusan bisnis”. Gua rada kesel sih kalo ada orang yang bilang gitu, gak menghargai perjuangan orang! Dia gatau kan, gua hampir tiap malem begadang, pagi ketemu pagi. Gua nolak hangout temen2 demi nyekrip, gua jadi pengunjung tetap perpus unila, gua stop nonton drama korea dan gua ga dateng ke nikahan sepupu gua, itu semua demi skripsi! Kalo gatau perjuangan orang mending diem aja deh, lagian kan enakan kalian bilang “waaah, selamat yaa” daripada “iyalah bisa cepet, kan jurusan bisnis”. Galak banget yaak gua hahahhahaha:D
Tanggal 20 Januari, gua sidang akhir. Gua rada ngeri waktu itu, karena dosen pembahas gua agak gak bagus moodnya karena sidang gua telat. Akhirnya sidang gua dimulai, diluar duguan gua, gua fikir dosen gua bakal habis-habisan nanya nya karena udah kesel nunggu lama tapi ternyata dosen gua malah bikin gua ketawa mulu diruang sidang. Gua yakin ini pekerjaan Tuhan, Tuhan yang hilangin kekesalan didosen gua dan diganti dengan sukacite hihi. Pertanyaan demi pertanyaan bisa gua jawab satu persatu dengan baik. Dan akhirnya gua dinyatakan TIDAK LULUS DENGAN NILAI B! Sontak gua diem aja waktu denger dosen gua bilang gitu, gua mikir keras tjooyy, trus tangis gua langsung pecah wkwk gua mikirnya gua enggak lulus trus nilai gua B hahaha odong banget yaak, padahal kan nilai B juga lulus wkwkw yaa namanya juga nervous, harap maklum wkwk. Dosen gua langsung berdiri trus ngasih catetan nilai ke gua, pas gua buka *Jenngjengjengjengjenggggg* gua LULUS dengan nilai A!!! Tangis gua makin keras trus dosen gua pada ketawa kerasssssss banget sampe ruangan sebelah denger trus ikutan ketawa juga -,-
22 Maret 2017
WISUDAAAAAAAAAA!
Akhirnya anak singkong ini bisa wisuda juga! Akhirnya anak bapak gua ada yang sarjana juga! Gak henti-hentinya gua bersyukur, gua tau gua bisa sampai ke level ini, ini semua bukan karena kuat dan gagah gua, tapi ini semua karena kasih karunia dari Tuhan Yesus Kristus dan karena kelurga gua.
Aku bersyukur untuk setiap proses gua alami selama perkuliahan, semuanya menjadikanku menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Aku bersyukur untuk orangtuaku, mereka gak sempuran sebagai orangtua, masih banyak kekurangan tapi mereka adalah orangtua terbaikku, dengan segala keterbatasan dan kekurangan mereka, mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Dan hal ini membuat aku makin bersyukur lagi, kalau bapa duniawi ku saja tau bagaimana memberi yang terbaik untuk anaknya apalagi Bapa ku yang surga J

Daaannn
The real life has begun!



Komentar

  1. Jadi terharu dan trbawa suasana aku bacanya kak gits 😂

    BalasHapus
  2. Jadi terharu dan trbawa suasana aku bacanya kak gits 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Adikss, kamu terharu sama bagian yang mana? wkwk btw, terimakasih yaa udah mau baca curhatan aku hihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Descriptive Text about Agnes Monica

REGENERASI