Pengalaman Psikotes dan Interview di Indomarco

Halohaaa
sudah lama sekali sejak saya terakhir ngeblog, kemaren-kemaren ga sempet ngeblog karena banyaaaaak banget tfugas kampus dan tanggung jawab organisasi yang terus menerus memanggilku untuk segera diselesaikan wkwkwk. Tapi sekarang Puji Tuhan udah selesai, jadi i want to ngeblog again cause sekarang lumayan banyak waktu untuk nulis, maklum freshgraduate hihihi

daaan kali ini saya mau share pengalaman tentang Psikotes dan Interview di Indomarco. 

langsung aja yaaa....

hari itu, saya dan kedua teman saya berangkat ke kantor pusat Indomarco di Lampung yang ada di daerah Campang Raya. kami berangkat sekitar pukul 7 pagi. Sampai disana, ternyata udah banyak peserta yang pake pakaian putih-item dannnn kami bertiga ga pake putih-item! yaa, kami beda sendiri! wkwk. pas saya mau duduk, saya denger ada yang ngomong, kok gak pake putih-item? tapi ga ngomong langsungke kami, jadi jatohnya kayak ngomongiin kami gitu -,- yaudahlah, PD ajaaa, kami beda sendiri biar HRD nya pada ngelirik ke kami, biar jadi pusatperhatian gitu looh wkwkwk

jam 8 lewat 15 menit salah satu orang HRD nya keluar, dan nyuruh kandidat yang datang dihari itu untuk ngecek berkas-berkasnya. ini saya kasih berkasnya apa aja yang perlu dibawa:
1. Pas Foto 2 lembar
2. Fotokopi KTP
3. Surat Lamaran
4. CV
5. Fotokopi Ijazah + Transkrip (legalisir)
6. Fotokopi SKCK
7. Fotokopi Surat Sehat
8. Fotokopi KK
9. Fotokopi Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)
10. Sertifikat Pendukung Lainnya
Kalo semua berkas-berkas tersebut lengkap, maka kalian akan diukur tinggi badannya. Minimal 155 untuk wanita. 160 untuk pria. Yang tinggi badannya tidak mencapai batas maksimal, kalian harus meninggalkan tempat seleksi saat itu juga dan boleh datang lagi saat tinggi badan kalian mencukupi hihii, di Lampung pas saya daftar kemaren lumayan banyak yang disuruh pulang karena tinngginya ga mencukupi, so saya saranin untuk cek dulu tinggi badan kalian sebelum daftar, kan sayang kalo udah jauh-jauh dari luar kota harus gagal karena tinggi badan ga mencukupi.
Setelah lolos dari tes badan, kandidat dipersilahkan untuk masuk ke ruangan, disitu HRD kan mempresentasikan company profile, proses rekrutmen dan lain lain. Setelah itu barulah psikotes. Menurut saya, psikotesnya tidaklah sulit hanya saja waktu untuk mengerjakannya sangatlah mepettttt, jadi kalian harus bener-bener fokus biar ngerjainnya bisa cepat dan tepat. Psikotesnya ada 4/5 sub test gitu, saya lupa wkwk  yang pasti ada madas, ada tes verbal, ada tes kejelian mata trus lupaaa :D
Setelah selesai, kita disuruh nunggu hasilnya dan yang lolos akan di interview hari itu juga. Salahnya saya kemarin, saya hanya mempersiapkan diri saya untuk psikotes tapi tidak untuk interview. Ketika diumumkan lolos, barulah saya kelimpungan belajarnya L
Waktu saya selesai diwawancara teman baru saya (baru kenalan disitu) dia nanya, kok kamu lama banget sih wawancaranya? Dan setelah saya fikir-fikir iya jugaaa, ternyata gua lamajuga yaa. Bayangin aja, HRD yang lain wawancara udah 3 orang kandidat dan interviewer gua ini Cuma ngewawancarai gua -___-
Pertanyaannya dimulai dari disuruh menceritakan diri sendiri, kegiatan dikampus, trus gua kan pernah jadi tim entry data KPU dan Surveyor di Bank Indonesia, HRD nya banyak tanya ttg itu juga. Trus nanya, mau nikah umur berapa? Hahaha trus siap kerja lembur ga? Nanya soal gaji trus nanya tentang accounting gitu karena posisi yang gua lamar adalah accounting. Trus akhirnya, saya disuruh nunggu nelpon dan sampai saat ini belum ada aroma-aroma telepon dari Indomarco L
Saya ga terlalu berharap sih, karena saya sadar diri, ketika interview saya belum bisa “menjual” diri saya. Yaah, saya jadikan pengalaman saja kali ini, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya apalagi Interview Kerja yang berkaitan dengan masa depan kita nantinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Descriptive Text about Agnes Monica

REGENERASI

Tugas I Pengantar Ilmu Politik