Tugas Rencana Bisnis waktu SMA :D




RENCANA BISNIS
*  Ringkasan
*      Tentang apa bisnismu ?
Bisnis saya mengenai Wedding Organizer. Suatu usaha pelayanan jasa yang membantu calon pengantin untuk mempersiapkan resepsi pernikahan yang sacral.  Saya menamai usaha ini dengan nama “Glorya Wedding Organizer”.

*      Apa pasar yang kamu tuju ?
Pertama-tama pangsa pasar yang saya tuju yaitu pasar local daerah Sumatera bagian selatan, lalu saya berkeinginan untuk mengembangkan lagi usaha saya sehingga pangsa pasar saya meluas hingga seluruh daerah Nusantara bahkan hingga manca Negara.

*      Apa pasar potensial bagi bisnismu ?
Pasar potensial bagi bisnis saya adalah pasar local sekitar daerah Sumatera bagian selatan, karena saya baru memulai usaha ini.
*      Seberapa besar keuntungan yang kamu harapkan ?
Keuntungan yang saya harapkan sama dengan kebanyakan pengusaha pada umumnya yatu, modal kembali serta dapat meraup keuntungan yang berlipat-lipat kali ganda.


*      Berapa banyak modal yang kamu butuhkan ?
Untuk memulai usaha saya saya membutuhkan dana kira-kira sekitar Rp. 950.000.000,00.
*      Siapa yang akan meminjamkan dana ?
     Sebagian dana akan saya pinjam dari Bank, sebagian lagi merupakan dana pribadi dari saya.

*  Rencana organisasi ?
*      Kapan bisnismu di bangun ?
Bisnis ini saya bangun pada tahun 2020, ketika saya sudah menyelesaikan pendidikan saya di Perguruan Tinggi dan saya sudah cukup mengumpulkan uang sebagai tambahan modal dari pekerjaan saya.

*  Manajemen
*      Pengalaman bisnis yang kamu miliki ?
Saya mempunyai pengalaman membantu orang tua berbisnis di rumah. Memang belum seberapa, tapi saya akan belajar cara berbisnis dari buku-buku, internet dan pengalaman orang lain. Saya juga di bantu oleh saudara saya yang sekaligus menjadi rekan bisnis saya yang professional.
*      Latar belakang orang-orang yang bekerja sama denganmu ?
Tentu saya tidak dapat mengerjakan bisnis ini sendiri, saya membutuhkan orang-orang yang professional, creative, dan mau bekerja sama. Latar belakang pendidikan orang-orang yang bekerja di bawah naungan GWO minimal SMA dengan semua jurusan.

*  Produk atau Jasa ?
*      Penjelasan barang dan jasa yang saya tawarkan :


Ø  Gedung resepsi
Ø  Tempat akad nikah/ pemberkatan
Ø  Pakaian pengantin
Ø  Sound &lighting
Ø  Dekorasi
Ø  Undangan
Ø  Souvenir
Ø  Catering
Ø  Dokumentasi
Ø  Mc
Ø  Pengisi acara
Ø  Kamar pengantin



*         Keunikan barang dan jasa yang kamu tawarkan
ü  Keunikan barang dan jasa yang saya tawarkan adalah
o       Saya dapat memenuhi permintaan konsep/thema yang klien saya minta, contohnya klien kami minta thema Timur tengah dengan Aladin sebagai ciri khasnya, maka saya akan membuat dekorasi, pakaian pengantin, konsumsi dll ala Timur tengah dan Aladinnya.
o       Kualitas layanan merupakan hal yang nomor 1.
o       Saya bekerja sama dengan pihak/orang yang berkompeten sebagai MC dan pengisi acara.


*      Sekilas mengenai pesaingmu
Di zaman yang makin maju ini pasti akan banyak jenis usaha seperti GWO, namun melalui keunikan-keunikan tersebut saya percaya bahwa klien kami akan puas dengan jasa yang GWO berikan. Hubungan baik dengan klien serta kepercayaan dari klien ditambah kualitas GWO saya percaya bahwa GWO akan selalu dicari pengguna jasa Wedding Organizer.
*      Bagaimana rencana pengembangan produk dan jasamu di masa depan ?
Rencana bisnis saya ke depan yaitu mengembangkan usaha saya dengan
memperbaiki kualitas pelayanan sehingga dapat membuat bisnis ini go
internasional.

*  Pemasaran
*      Siapakah orang yang akan membeli produkmu ?
Sasaran utama saya pastinya para calon pengantin. Berasal dari kalangan bawah, menengah, atas tak masalah.
*      Bagaimana potensinya di masa lalu dan masa depan ?
Di masa lalu mungkin bisnis macam ini kurang potensial, namun seiring dengan perkembangan zaman dan kesibukan para calon pengantin di era modernisasi ini, saya ini bisnis yang menjanjikan.
*      Mengapa segment tersebut yang kamu tuju ?
Segment tersebut sekarang lebih menguntungkan karena perkembangan zaman yang semakin maju.


*      Siapa pesaingmu dan bagaimana respon mereka terhadap bisnismu ?
Untuk daerah Sumatera bagian selatan saingan saya masih sedikit. Dalam hal berbisnis persaingan pasti ada, menurut mereka tidak terlalu ambil pusing dengan hadirnya usaha saya, karena rejeki sudah ada yang mengatur.

*      Bagaimana cara mu mempromosikan bisnismu ?
Berpromosi dari mulut ke mulut, berpromosi dari internet, mencetak banner, spanduk, kalender, iklan koran dan kartu nama untuk mempromosikan usaha saya.
*      Berapa harga produkmu ?
Harga / budgetnya ditentukan oleh calon pengantin, lalu property yang akan digunakan akan menyesuaikan dengan budget yang di tentukan.



*  Detil operasi
*      Dimana lokasi usahamu ?
Jl. Protocol no. 62, Negeri Ratu, kec. Sungkai Utara, kab.Lampung Utara, Lampung.
*      Siapa yang akan men-supply ?
Yang akan men-supply adalah rekan bisnis saya. Diantara nya untuk minuman saya memesan dari Fresh Fruit House, Ice cream dari Agi’s Cream, gaun dan jas pengantin dari Ratu Unta,


*      Peralatan apa saja yang kamu butuhkan ?
Peralatan yang saya butuhkan yaitu :
ü  Kendaraan
ü  Alat komunikasi
ü  Kursi + meja undangan wedding
ü  Kursi + meja kantor
ü  Interior wedding
ü  dll
*    Rencana keuangan
Ø  Cash flow
Rincian dana pendirian “Glorya Weding Organizer”
No
Uraian
Kegiatan
Jumlah
1
Lahan + Bangunan
1Ha
Rp. 200.000.000,00
2
Kendaraan
10 unit
Rp. 150.000.000,00
3
Alat komunikasi
5 unit
Rp. 25.000.000,00
4
Kursi + meja wedding
3000 unit
Rp. 250.000.000,00
5
Kursi + meja kantor
25 unit
Rp. 25.000.000,00
6
Interior Wedding

Rp. 250.000.000,00
7
Keperluan lain-lain

Rp. 50.000.000,00
8
Jumlah
Rp. 950.000.000,00



*   Rencana keuntungan bulanan dan kerugian selama 2 tahun dan 3 tahun.
    Rencana keuntungan bulanan di targetkan mencapai 15% dan kerugian maksimum 7%, target untuk di capai 2 tahun kedepan adalah mengembalikan modal, dan 3 tahun ke depan membuka cabang di kota lain.

*   Masa Depan
*    Tujuan jangka pendek yaitu :
Ø  Mengadakan acara pembukaan atau pengesahan
Ø   Mempromosikan usaha secara maksimal
Ø  Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan
*    Tujuan jangka panjang yaitu :
Ø   Mengembangkan dan memajukan bisnis
Ø  Memperluas networking
Ø  Membuka cabang di dalam maupun di luar negeri
*   Jumlah dana yang yang anda butuhkan dan untuk apa ?
Jumlah dana yang saya butuhkan yaitu sebesar Rp. 600.000.000,00, dana tersebut saya peroleh dari keuntungan yang saya dapat selama bisnis ini berdiri di tambah lagi dengan dana pinjaman dari Bank. Dana tersebut saya gunakan untuk membangun dan mengembangkan usaha bisnis saya.
*   Keuntungan yang di peroleh dari peminjaman uang?
Keuntungan yang saya peroleh dari peminjaman uang tersebut adalah menjadikan bisnis saya menjadi cepat berkembang karena mendapat suntikan dana.



Gita Lamtiur Pakpahan

Twelve Social One

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Descriptive Text about Agnes Monica

REGENERASI